Waspada! Bakteri di Ponsel Lebih Banyak dari Toilet

REPUBLIKA.CO.ID, Bagi para gadget freak, waspadalah! Menurut penelitian terbaru, telepon seluler ternyata punya lebih banyak bakteri ketimbang dudukan toilet.

Inilah 5 Pangeran Tampan di Dunia

Situs Dailymail.co.uk menuliskan, sebuah penelitian baru menemukan bahwa ada sampai 10 kali jumlah bakteri yang bisa menyebabkan masalah mual dan perut di ponsel daripada yang ditemukan di toilet.



Menurut para peneliti di University of Arizona, ponsel sering disentuh di antara orang-orang dan tersebar bakteri. Ponsel juga tidak pernah dibersihkan yang berarti kuman akan terus berkembang.

Charles Gerba, seorang ahli mikrobiologi di University of Arizona, mengatakan selama percobaan berlangsung, ia telah menemukan bahwa bakteri bisa pindah ke ponsel karena begitu dekat dengan tangan dan mulut.

Seperti yang kita ketahui, ponsel termasuk barang elektronik yang jarang dibersihkan. Ponsel juga bukan bagian dari rutinitas pembersihan sehari-hari. Hal itulah yang menyebabkan bakteri berkumpul.

Menurut penelitian sebelumnya, para peneliti juga menemukan benda-benda lain yang dianggap bersih, namun pada kenyataannya justru memiliki banyak bakteri. Para ilmuwan Inggris menemukan bahwa mesin ATM memiliki pseudomonad dan bacillus, bakteri yang diketahui menyebabkan penyakit diare, pada jumlah yang sama saat ditemukan di toilet umum.

Tak hanya itu, penelitian sebelumnya juga menemukan keyboard komputer dan remote control juga lima kali lebih kotor dari dudukan toilet, yang mengandung bakteri beracun seperti E.coli, coliform, staphylococcus aureus dan enterobacteria yang berbahaya bagi kesehatan manusia.

http://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/12/09/03/m9ruen-hii-bakteri-di-ponsel-lebih-banyak-dari-toilet

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...